Fungsi Lampu Hazard Pada Mobil

Fungsi Lampu Hazard Pada Mobil

Sebagian besar dari anda mungkin belum mengetahui fungsi lampu hazard dan arti dari tombol ini di mobil anda. Tombol ini bernama tombol hazard. Tombol berwarna merah dan memiliki gambar segitiga warna putih di tengah-tengahnya dan jika ditekan akan menyalakan keempat lampu sein mobil anda (dua lampu sein depan an dua lampu sein belakang) secara bersamaan dan kesemualampu tersebut akan berkedip secara ritmis atau dinamis

fungsi lampu hazard
Mungkin banyak dari kita yang belum benar benar mengerti apa fungsi lampu hazard ini. Karena kurangnya pengetahuan tentang tombol ini, sebagian besar orang biasanya malah menggunakan tombol ini saat turun hujan lebat atau jika terkena macet di malam hari. Hal ini sebenarnya sangat berbahaya, karena pengendara lain tidak akan pernah tahu kapan kita akan berbelok (karena semua lampu sein menyala).

Padahal sebenarnya fungsi lampu hazard pada mobil ini hanya boleh digunakan ketika sedang dalam keadaan darurat saja. Keadaan darurat seperti apa yang dimaksud disini? Berikut hal yang harus diketahui tentang tombol tersebut.

Tombol ini digunakan ketika mobil anda dalam keadaan darurat dan mengharuskan anda untuk menepi di pagi, siang, ataupun malam hari. Keaadaan darurat yang dimaksud seperti jika mobil anda mogok, mengganti ban atau anda baru saja mengalami kecelakaan. Menghidupkan lampu hazard berarti anda telah memberikan peringatan kepada pengemudi lain, bahwa ada sesuatu hal yang tidak beres ada didepan mereka, sehingga pengemudi lain akan lebih waspada dan berhati hati.

Dengan menghidupkan tombol ini ketika anda sedang dalam keadaan darurat, berarti anda telah mengingatkan banyak pengendara untuk berhati hati dan waspada

Peraturan mengenai fungsi lampu hazard ini tertulis dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1 yang menyatakan : “Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di Jalan”.

Semoga saja anda tidak perlu memencet tombol ini selama hidup anda. Namun kita tidak tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Jadi untuk berjaga-jaga jika mobil anda mogok atau anda ingin mengganti ban anda di malam hari, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu fungsi lampu hazard sebelum anda menekan tombol ini. Utamakan keselamatan anda dan pengguna jalan lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>