Mengenal Pulau Bali Lebih Dekat

Selamat datang di Bali, Mari kita mengenal Pulau Bali lebih dekat, tempat dimana berkumpulnya berbagai macam wisatawan dari seluruh penjuru Nusantara dan Mancanegara melepaskan sejenak rutinitas, menikmati hamparan pantai yang bersih, deburan ombak yang mendayu, dan sejuknya semilir angin yang berhembus.

Mengenal Pulau Bali lebih dekat akan membuat anda lebih menikmati liburan yang tidak terlupakan bersama orang orang yang anda sayangi. Sungguh bersyukur kita bisa menikmati dan menyaksikan keagungan Allah yang Maha Menciptakan alam semesta ini.

mengenal pulau Bali

mengenal pulau Bali

Mari mengenal Pulau Bali lebih dekat, Bali adalah salah satu privinsi yang ada di Indonesia, terletak diantara selat Bali dan Selat Lombok, dengan Denpasar sebagai ibukota privinsinya. Ada lima pulau yang masuk ke dalam wilayah privinsi ini, sebagai pulau yang terbesar adalah Pulau Bali, kemudian Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Nusa Penida, dan Pulau Serangan. Bali memiliki luas sekitar 5.636 Km2, dengan panjang 153 km dan lebar 112 km, dengan 8 Kabupaten dan 1 Kotamadya.

Mengenal pulau Bali dari jumlah penduduk nya saat ini adalah sekitar 4 juta jiwa lebih, dengan mayoritas penduduk sebanyak 84,5% adalah pemeluk agama Hindu, kemudian umat Islam sebanyak 13,3%, Kristen Katolik 1,7%, dan  Budha 0,5%. Sumber terbesar roda perekonomian Bali berasal dari sektor pariwisata, kemudian dibawahnya adalah dari sektor Pertanian.

Bali tidak memiliki jaringan sistem transportasi rel kereta api seperti di pulau Jawa atau Sumatra. Taksi adalah mode andalan transportasi umum yang ada di Bali, jumlahnya mencapai ribuan, jadi bila kita hendak berpergian dari satu tempat ke lain tempat maka akan sangat mudah kita menjumpai taksi. Hal itu berbanding terbalik dengan jenis angkutan umum lainnya seperti bemo atau angkot, dimana kondisinya seperti mati suri dan jarang beroprasi di jalanan. Bali juga memiliki sistem tarnsportasi umum yaitu bus TRANS SARBAGITA (seperti BUSWAY di Jakarta), namun kondisinya pun juga nampak kurang terawat, promosi yang kurang, dan jumlah armada yang masih sangat sedikit. Tidak mengherankan bila kita melihat bus Trans Sarbagita yang melintas sedikit sekali berisikan penumpang, dan sering juga terlihat seperti kosong tidak ada penumpang.

Bila anda hendak ke Bali dengan jalan darat, pastikan anda mengenal pulau Bali dengan baik agar tidak mudah tersesat. Pelabuhan Gilimanuk di Jembrana adalah penghubung antara pulau Bali dan pulau Jawa dengan kapal Ferry sebagai kapal penyebrangannya dengan lama perjalanan sekitar satu jam. Kemudian  menghubungkan Bali dengan Lombok adalah pelabuhan Padang Bai di Kabupaten Karangasem. Penyebrangan disini juga dilayani dengan kapal Ferry dengan lama penyebrangan sekitar 6 jam (tergantung kondisi cuaca).

Ulasan terakhir pada artikel mengenal pulau Bali adalah pada sistem transportasi di Bali. Untuk sistem transportasi bus antar kota antar privinsi ada terminal Bus di Ubung,  dan terminal Bus Mengwi di Badung, di kedua terminal ini khususnya di terminal Ubung setap harinya puluhan bus beroperasi mengangkut ratusan orang ke berbagai tujuan di pulau Jawa, Lombok, dan Bima. Untuk sistem transportasi udara ada Bandar udara internasional Ngurah Rai di Denpasar, yang setiap harinya melayani ribuan orang yang datang dan pergi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>