Merawat Ban Mobil Agar Tetap Awet

Merawat ban mobil sangatlah penting nilainya dalam menjaga fungsi mobil sebagai mana mestinya. Dalam pemakaian panjang, sangat krusial utamanya dalam cuaca yang hangat hingga panas, kecepatan tinggi dan suhu yang lebih panas lagi. Kesemua tekanan cuaca dapat mendera ban mobil kita.Merawat ban mobil

Beberapa hal perlu diperhatikan dalam merawat ban mobil.

  1. Periksa ban secara berkala (sesering mungkin). Pastikan tidak ada ‘luka’ atau kerusakan yang kasat mata pada penampang ban.
  2. Merawat ban mobil dengan memastikan pemberian tekanan angin yang tepat. Periksalah tekanan angin dalam ban dengan pengukur tekanan, terutama setelah perjalanan yang cukup jauh. Ukur tekanan ban dalam keadaan dingin (sebelum berkendara). Catatan tekanan yang dianjurkan, biasanya tertera pada panduan manual, pada label di glove box, atau pada pilar pintu pengemudi.
    Tak perlu merisaukan tekanan ban maksimum yang tercantum pada sisi ban. Tekanan yang direkomendasikan biasanya membuat ban lebih awet, tidak gampang bocor, konsumsi bahan bakar lebih irit. Kecelakaan biasanya bermula dari tekanan ban yang salah, baik kelebihan atau kekurangan.
  3. Jangan mengangkut melebihi batas muatan. Mobil ban Anda didesain untuk beroperasi aman berdasarkan ambang batas tertentu. Catatan soal batasan tersebut bisanya tercantum pada buku manual atau pada plat sertifikat di dekat pintu pengemudi.
  4. Pastikan terdapat alur kembangan yang cukup pada permukaan ban. Agar beroperasi secara aman dan memastikan permuakaan ban aus secara merata. Semua groove atau kembang sebaiknya terlihat dan cukup dalam. Tapak yang terlalu rendah atau botak kurang aman dan perlu segera diganti.
  5. Jika anda menemukan beberapa titik pada permukaan ban, aus lebih cepat atau lebih banyak dari bagian lainnya, pergilah ke pusat service untuk menyetel dan merawat ban mobil. Kemungkinan roda-roda mobil tidak tepat ‘alignment’-nya (tidak sejajar/ selaras posisi satu sama lain). Atau ada kerusakan tak merata pada peredam kejut. Pastikan “alignment dan balance” dari tiap roda diatur sempurna.
  6. Jangan mengemudi dengan kecepatan tinggi dalam jangka waktu yang panjang, terutama pada cuaca panas. Karena hal tersebut dapat menyebabkan ban mengalami deformasi. Patuhilah batas kecepatan di jalan raya. Kecepatan rendah juga berarti Anda telah menghemat bahan bakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>