Mobil Tanpa Sopir –> Teknologi Masa Depan

Mobil tanpa sopir atau mobil otonom dalam beberapa tahun lagi akan banyak muncul di jalanan. Salah satunya mobil keluaran Toyota Motor Corp. Ada beberapa orang beruntung yang telah merasakan sensasi berkendara dengan disopiri oleh mobil robot, bukan pula di jalanan yang kosong, tetapi di jalan tol yang super sibuk di Tokyo!

mobil tanpa sopir

mobil tanpa sopir

Dengan menggunakan mobil Lexus GS 450h yang memiliki teknologi automated driving, orang orang yang beruntung tersebut diberikan kesempatan untuk mencoba menjajal teknologi mobil tanpa sopir itu di jalanan dari Tokyo Fashion Town – Ariake menuju Fukuzumi dengan jarak tempuh sejauh 8 km.

Awalnya memang, mobil mewah itu disopiri oleh Uesugi Satoshi, seorang karyawan Toyota dari divisi Advanced Vehicle Control System Development.

Sesaat setelah mobil melaju, Satoshi-san masih aktif mengendarai, namun begitu mobil tiba di pintu tol, Satoshi langsung membiarkan ‘robot’ di dalam mobil Lexus untuk mengambil alih pengemudian.

Dia melakukan hal itu hanya dengan memencet tombol “mobility teammate concept” di setir sebelah kiri.

Ngunggggg………, tiba-tiba saja mobil memutarkan setir sendiri untuk mengikuti arus lalu lintas di sebelah kanan, kadang mobil berakselerasi agar bisa menyesuaikan diri dengan kecepatan kendaraan lain.

Dengan menggunakan berbagai sensor/radar di kendaraan, mobil bisa mendeteksi pergerakan kendaraan lain. Sayangnya dari pantauan, saat berakselerasi mobil masih terasa ndut-ndutan, mirip pengemudi pemula, wajar saja sih, namanya juga robot. Namun kalau berpindah lajur, mobil sudah jago, bisa dengan lancar pindah-pindah lajur dari kiri ke kanan. Di dashboard mobil bisa terlihat, mobil tengah melakukan apa, apa sedang mengerem, atau ngegas

Setelah berpindah lajur kiri kanan, tiba saatnya mobil untuk keluar dari jalan tol, si robot kemudian merendahkan kecepatan. Mobil terasa direm.

Setelah keluar dari tol, Satoshi kemudian memijit tombol mobility teammate concept lagi, dan dia kemudian mengambil alih kemudi dan memberhentikan mobil dengan aman di Tokyo Fashion Town. Naik mobil tanpa sopir atau mobil otonom seperti ini ngeri-ngeri sedap juga ya.

Kapan mobil-mobil Toyota akan menggunakan fitur kemudi otomotis ini? Chief Safety Technology Officer Secretary, Toyota Motor Corporation Seigo Kuzumaki mengatakan Toyota berniat memasang fitur itu pada 2020 mendatang.

Namun tidak seperti pabrikan lain yang menyerahkan sepenuhnya pengendalian kendaraan pada sistem, mobil Toyota tetap membutuhkan sentuhan tangan manusia.

“Ini perlu agar masih ada unsur fun driving, kalau mereka capek, mereka bisa menyerahkan mobil pada sistem, kalau ingin menyetir tinggal ambil alih kemudi,” ujarnya.

Karena itulah Toyota tidak berani menyebutnya sebagai mobil yang sepenuhnya otonom, karena masih ada campur tangan manusia dalam pengoperasian mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>