Sejarah Pariwisata Bali

Masih ada beberapa wisatawan asing yang menganggap Bali itu adalah suatu negara yang berdiri sendiri. Pertanyaannya adalah kenapa Bali bisa sangat terkenal ke seluruh penjuru dunia? Bagaimana sejarah pariwisata Bali hingga bisa sangat populer sampai sekarang?

Ada ungkapan yang mungkin sering kita dengar, bahwa Bali lebih populer dari Indonesia, benarkah demikian ? Faktanya hal itu memang benar masih ada, bahkan sampai saat ini pun masih saja ada wisatawan asing yang tidak tahu bahwa Bali itu adalah bagian dari negara Indonesia.

Perkembangan awal sejarah pariwisata Bali bermula pada tahun 1579. Rombongan kapal dagang  expedisi dari kerajaan belanda / VOC mengadakan penjelajahan atau expedisi dagang mencari sumber rempah rempah menuju ke wilayah Hindia / Indonesia timur.

Rombongan ini dipimpin oleh Cornelis de Houtman. Pada saat pelayaran tersebut dari kejauhan mereka melihat ada sebuah pulau yang rimbun dan penuh pepohonan, mereka berfikir disana pasti banyak terdapat pohon yang menghasilkan rempah rempah. Kemudian mereka memutuskan untuk mendarat dipulau tersebut, diluar dugaan ternyata mereka salah besar, mereka tidak menjumpai sedikitpun rempah rempah disana. Namun ada satu hal yang membuat rombongan Belanda tersebut penasaran dan tertarik dengan pulau tersebut.Sejarah Pariwisata Bali

Beragam, seni, budaya, tradisi, kehidupan masyarakat, serta keindahan alamnya yang unik dan menarik yang belum pernah mereka jumpai sebelumnya. Oleh masyarakatnya pulau tersebut dinamakan dengan Bali. Hal itu segera mereka kabarkan kepada pihak kerajaan Belanda, dengan membuat surat mengenai apa yang mereka lihat dan temukan disana. Kemudian mulai dipromosikanlah pariwisata bali oleh pihak VOC kepada orang orang di dataran Eropa. Kedatangan pertama tama orang Eropa berwisata ke Bali adalah dimulai pada tahun 1920 dengan menumpang kapal dagang KPM “Koninkalijke Paketcart Maatsckapy” milik kerajaan Belanda.

Sejarah pariwisata Bali dimulai ketika diantara para wisatawan Eropa yang datang tersebut, ada yang berprofesi sebagai Sastrawan, Pelukis, Budayawan, Artis, dll. Meraka semua sangat terpukau dengan pesona keindahan alam dan budaya masyarakat Bali, sehingga meraka sangat berkesan dengan liburan mereka tersebut. Kesan yang mendalam ini lah yang secara tidak langsung punya andil besar dalam mempromosikan Bali ke dunia. Sekembalinya mereka ke negara asalnya, banyak sastrawan yang menuliskan tentang keindahan dan pesona pulau Bali kedalam karya sastranya. Banyak pula yang menggambarkan Bali melalui karya lukis mereka. Hal inilah yang membuat rekan rekan dari para seniman tersebut penasaran dan ingin tahu, apakah karya mereka ini adalah fiksi atau berdasarkan pengalaman mereka?, akhirnya dimulailah awal cerita dari mulut ke mulut tentang keindahan dan pesona Bali. Dan dengan cepat tersebar ke orang orang di Eropa, sehingga mulai berdatanganlah banyak wisatawan dari seluruh penjuru dunia ke Bali sampai sekarang.

Bali mempunya banyak julukan yang disematkan oleh para wisatawan, diantaranya :

  • The Island Of God
  • The Island Of Paradise
  • The Island Of Thousand Temples
  • The Last Paradise
  • The Morning Of The World (Jawaharlal Nehru)

Sejarah Pariwisata Bali

Sejarah Pariwisata Bali

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>